Scroll untuk baca artikel
Berita

Sat Binmas Polres Lombok Utara Tingkatkan Kemampuan Satkamling Melalui Pelatihan

×

Sat Binmas Polres Lombok Utara Tingkatkan Kemampuan Satkamling Melalui Pelatihan

Sebarkan artikel ini

 

Lombok Utara, – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2024, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Lombok Utara mengadakan pelatihan peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Aula Sarja Arya Racana. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro.

 

Kapolres Didik menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam tindakan pencegahan awal terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara Polri, Linmas, dan unsur pemerintahan daerah Kabupaten Lombok Utara, seperti Kesbang Pol dan Sat Pol PP.

Baca Juga  Kapolres Lotim dan PJ Bupati Lotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2024

 

Kapolres Didik mengajak seluruh anggota Linmas untuk bekerja sama dengan Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. Menurutnya, peran Satkamling sangat penting sebagai upaya pencegahan dini agar tidak terjadi gangguan keamanan.

 

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, khususnya menjelang Pilkada 2024 yang sekarang sudah masuk tahapan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati,” jelas Kapolres Didik, pada senin 23 September 2024.

 

Kasat Binmas IPTU Agus Sugianto juga memberikan paparan mengenai peran Bhabinkamtibmas dan Linmas dalam menghadapi Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Lombok Utara. Selain itu IPTU Agus memberikan bekal kepada 25 anggota Satkamling dalam melaksanakan tugas pengamanan lingkungan, sesuai dengan Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa (Bab III Satkamling).